Rabu, 04 Januari 2012

Tulisan 4 _Contoh-Contoh Usaha UMKM Yang Berkembang_

Usaha Kecil Menengah atau yang sering disingkat UKM merupakan suatu usaha kecil yang penting untuk kemajuan dari perkonomian daerah setempat. UKM memiliki peran yang sangat penting dalam kemajuan perekonomian yang ada. UKM juga sangat membantu mengurangi tingkat pengangguran yang ada karena persaingan didunia kerja, namun dalam hal ini UKM sendiri belum mampu bersaing dengan unit usaha lainnya yang diakbatkan kurangnya hasil produktifitas. Pengembangan sektor UKM biasanya dilakukan oleh pihak swasta atau berwirausaha, meskipun begitu tidak sedikit yang mengalami kemajuan dalam menjalani usaha ini.

Contoh industry Garment
Perkembangan Ekspor Industri Garment
Produksi garment disamping ditujukan untuk pasaran domestik, juga untuk pasar ekspor. Menurut statistik ekspor, komoditi ini dikelompokan menjadi dua pos tarif Harmonyzed System (HS), yaitu HS No 61 dan No 62. HS No. 61 adalah ‘barang dan perlengkapan pakaian rajutan atau kaitan’.. Sedangkan HS 62 adalah ‘barang dan perlengkapan pakaian, tidak dirajut atau dikait’.
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dalam tahun 1997-1998 ekspor garment Indonesia ke mancanegara mengalami penurunan. Merosotnya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika (dan berbagai mata uang asing lainnya) pada waktu itu sebenarnya membuka peluang untuk meningkatkan ekspor garment Indonesia, mengingat harganya menjadi lebih kompetitif dibandingkan negara-negara pesaing lainnya yang tidak terkena krisis. Tetapi berbagai isu politik dan keamanan yang melanda Indonesia, sangat menghambat kelancaran arus ekspor ke luar negeri, bahkan produksi pun ikut terhambat. Di sisi lain, krisis ekonomi juga terjadi di sejumlah negara di kawasan Asia serta negara-negara lainnya di dunia, yang sebagian besar merupakan pasar utama ekspor garment Indonesia. Sebagai akibatnya, ekspor Indonesia pada tahun 1997 dan 1998 mengalami penurunan yang tajam.
Pada tahun 1999, perekonomiaan dunia dan kepercaayaan asing terhadaap kondisi Indonesia secara bertahap kembali pulih sehingga ekspor garment kembali bangkit. Hal ini terlihat dari volume ekspor garment yang pada tahun 1999 meningkat 68% yang merupakan peningkatan terbesar dalam 6 tahun terakhir. Pada tahun 2000, volume ekspor meningkat 7,4%, sedangkan nilainya meningkat 22%, sedangkan di tahun 2001, volume ekspor meningkat sebesar 4,1% namun nilainya turun -4,8%. Secara keseluruhan laju pertumbuhan ekspor komoditi ini selama periode 6 tahun terakhir.

Sumber :
http://binaukm.com/2010/06/perkembangan-ekspor-industri-garment/

0 komentar:

Posting Komentar